Home » » DELAPAN NEGARA MERIAHKAN FESTIVAL WAYANG DAN TOPENG 2012

DELAPAN NEGARA MERIAHKAN FESTIVAL WAYANG DAN TOPENG 2012

BUNGA DUNIA. NGAMPRAH, (PRLM).- Delapan negara akan turut andil pada ajang International Mask and Puppet Festival (IMPF) 2012. Kedelapan negara, yaitu Ekuador, Kamboja, Australia, Prancis, Jepang, Swedia, Lithuania, dan Hungaria. Pada ajang itu, seluruh negara peserta akan menampilkan ciri khas tradisi wayang masing-masing negara.

Demikian diungkapkan Direktur Festival King Entertainment Iman Noer Adi ketika jumpa pers di Bale Pare Kota Baru Parahyangan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/6/12).
Iman mengungkapkan, durasi pergelaran wayang pada ajang tersebut tidak sama dengan pergelaran biasanya. Iman menjelaskan, nantinya setiap penampil memunyai waktu sekitar 30-60 menit. "Dengan jumlah sekitar 50 penampil. Kami tidak mungkin memberikan kesempatan durasi pertujukan wayang konvensional," kata Iman menjelaskan.

Selain pertunjukan wayang, kata Iman, dalam festival juga menyelenggarakan talkshow, workshop, dan exhibition (telewicara, lokakarya, dan pameran-red) mengenai seni topeng dan wayang dari seluruh dunia. Nantinya, para peserta akan memperkenalkan berbagai bentuk wayang. "Sebagai salah satu contoh, peserta akan menampilkan Wayang Sayur. Pemberian nama itu, karena wayang dibuat dari bahan organik," ucapnya.
Manager Marketing Kota Baru Parahyangan (KBP), Raymod menuturkan, kali ini festival topeng dan wayang merupakan penyelenggaraan kedua. Pada tahun lalu, ucap Raymond, KBP pernah menyelanggarakan Bandung Wayang Festival (BWF). Dia menambahkan, walaupun festival nasional, BWF pun menampilkan suguhan penampil internasional.

Berdasarkan itu, Raymond berharap, penyelenggaraan IMPF dapat menjadi pemicu bagi generasi muda agar mau melestarikan budaya bangsa. Soalnya, kesenian topeng dan wayang sudah diakui UNESCO, sehingga sudah menjadi warisan budaya internasional. Dengan itu, tongkat estafet budaya bangsa tidak akan berhenti. (CA-12/A-88)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/194042
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Share aja
Copyright © 2012. bunga dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger